6 Jenis Digital Marketing Terbaik untuk Memasarkan Produk & Brand

stratego digital marketing terbaik

Digital marketing adalah suatu bentuk kegiatan memasarkan produk atau jasa dengan menggunakan media digital.

Umumnya, orang awam akan mengasosiasikan website, media sosial dan marketplace sebagai wujud dari media digital.

Kegiatan bisnis sangat diuntungkan dengan hadirnya media tadi, karena tiba-tiba dunia menjadi seakan tidak bersekat-sekat lagi, bebas, unlimited time and place.

Di luar media digital yang saya sebutkan tadi ternyata masih ada media lain yang bisa digunakan untuk memasarkan produk dan jasa lebih luas, efektif dan terukur.

1. Search Engine Marketing

Search Engine Marketing
gambar: wildstonesolution.com

Search engine marketing adalah pemasaran melalui mesin pencari. Pemasaran digital melalui kanal ini membutuhkan kata kunci promosi dan juga website bisnis/jualan.

Search engine marketing bisa menjangkau daerah target yang lebih spesifik dan juga detil.

Baca juga: Cara Cepat Masuk Halaman 1 Google dengan Blog Gratisan

2. Social Media Marketing

media sosial yang sering digunakan di indonesia

Pemasaran digital dengan menggunakan media sosial ini sedang booming akhir-akhir ini.

Media sosial yang digunakan pun bervariasi, cukup banyak pilihan. Facebook, Instagram, Twitter, tiktok, YouTube dan masih banyak lagi.

Pemasaran jenis ini mengedepankan interaksi dengan pengikut (followers), membangun keakraban sehingga tercipta suatu hubungan atau komunikasi yang inten.

3. Instant Messaging Marketing

Instant Messaging Marketing
Photo by Daniel Korpai on Unsplash

Yup, inilah bentuk pemasaran digital sejuta umat.

Bisa dilakukan dari sebuah kantor perusahaan multinasional, perusahaan umkm, hingga dari dapur rumah tangga sekalipun. Sebuah media yang sangat praktis.

Media yang digunakan adalah berbasis chat/pesan singkat seperti Whatsapp, Line, Telegram, dan aplikasi chat lainnya.

Media ini bisa mentarget secara personal dan menjalin komunikasi lebih intens.

4. Email Marketing

gambar: ewafebri.com

Bentuk pemasaran digital yang memanfaatkan email sebagai medianya. Email marketing sangat bergantung pada database email yang dimiliki pemasar.

Sama halnya dengan pemasaran berbasis chat/pesan singkat, email marketing cukup ampuh untuk mentarget secara personal.

Baca juga: Alternatif Membuat Website Bisnis yang Murah , Cepat & Mudah

5.Marketplace Marketing

marketplace online terbaik di indonesia

Punya produk yang kamu memiliki kontrol penuh di dalamnya?

Di marketplace kamu bisa langsung menggelar lapak dagangan. Di kanal ini kamu hanya fokus jualan tanpa harus memikirkan promosi terlalu jauh.

Di Indonesia sendiri paling tidak ada 3 marketplace besar yang biasa digunakan untuk memasarkan produk, seperti: bukalapak, shopee dan tokopedia.

6. Content Marketing

gambar: whatagraph.com

Ini adalah bentuk pemasaran jangka panjang. Artinya, kita tidak bisa serta merta mendapatkan pembeli dalam waktu yang singkat.

Ada proses dan tahapan-tahapan yang harus dilalui untuk bisa sampai mendapatkan pembelian.

Bentuknya pun bermacam-macam, seperti: tulisan (blog), gambar, video, infografis, q&a, podcast, webinar dan lainnya.

Melalui kanal inilah marketer bisa memberikan edukasi terhadap audiens-nya, hingga terciptanya kepercayaan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan.

Dan dengan demikian tujuan brand pun tercapai.


Ke 6 jenis digital marketing di atas memiliki kekurangan dan juga kelebihannya masing-masing.

Setiap media pemasaran digital (digital marketing) memiliki keunikan tersendiri. Sesuaikanlah dengan target yang akan kamu sasar.

Maka dari itu kenalilah karakter dari tiap media yang akan digunakan untuk mengenalkan brand, produk ataupun jasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *