Cegah Website Mu dari Hacker dengan Cara ini!

Kejahatan tidak lagi hanya di dunia nyata, namun di dunia maya pun banyak oknum nakal  yang melakukan kejahatan pada sosial media atau berbagai akun layanan informasi online. Biasanya, akun yang memiliki popularitas tinggi rawan menjadi incaran para hacker untuk menjalankan misinya, website salahnya satunya.

Mengapa website rawan terkena hack? biasanya selain karena password kurang kuat, server abal-abal, tidak pernah upgrade, menggunakan plugin dan tema yang sembarangan. 

Penasaran bagaimana cegah website mu agar tidak terhindar dari hacker?  Sebaiknya kamu baca sampai akhir untuk tau cara lengkapnya . Ada 5 cara yang perlu kamu lakukan, beberapa diantaranya: 

1. Gunakan Plugin dan Template dari sumber terpercaya

cegah-website-dari-hacker

Pernah menemui notif di software anda seperti “install plugin A untuk bisa menonton video di browser B” ? itulah yang disebut plugin, fungsinya membantu software menjalankan fitur-fitur tambahan di software tersebut. Istilah plugin di tiap software berbeda, seperti Add-on (Mozilla dan Opera Browser), Extension (Google Chrome), dll. 

Sebagian besar penyebab website terkena hack karena menggunakan plugin dan template dari sumber yang tidak terpercaya, alangkah baiknya gunakan plugin dan template berbayar untuk website anda karena akan lebih terjaga dan ada pertanggung jawabannya. 

2. Pastikan versi WordPress sudah UP TO DATE

wordpress-yang-up-to-date

Karena WordPress merupakan aplikasi blog yang sistemnya terbuka (open source), dan bebas untuk dimodifikasi dan disesuaikan kebutuhan penggunanya, maka WordPress yang jarang di update rentan terkena malware atau virus, sehingga mudah terkena hack. Untuk mencegahnya, pastikan selalu melakukan update WordPress, caranya silahkan login ke admin WordPress, pilih menu updates lalu pilih updates plugin.

3. Hapus plugin yang sudah tidak digunakan

Agar tidak tidak meninggalkan riwayat pemakaian plugin versi lama pada aplikasi anda, hapus plugin yang sudah tidak digunakan. Hal tersebut juga membantu mencegah terkenanya hack.

4. Memilih penyedia layanan hosting terpercaya

hosting-terpercaya

Mengapa? Pertama, hosting berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dari website. Mudahnya, hosting sebagai perpustakaan, website sebagai buku, dan pengunjung web adalah pembacanya.

Sehingga dengan hosting dapat membantu pemilik website memberikan informasi sesuai kebutuhan pengunjung. Kedua, hosting sebagai link website, misalnya website anda sudah terdaftar dalam DNS (Domain Name Server) tetapi tidak dimasukkan dalam web hosting, maka tetap saja website anda tidak dapat diakses oleh pembaca.

Terakhir, Sebagai penjaga website agar tetap online, maka website anda dapat diakses kapan saja dan dimana saja. Oleh sebab itu gunakan layanan hosting yang terpercaya dengan menggunakan web hosting yang berpengalaman, dan bergaransi, biasanya bisa didapatkan dengan web hosting berbayar.

Leave a Comment