Blog vs Website, Apa Bedanya?

Ternyata masih banyak loh yang bingung apa bedanya website dan blog, termasuk kamu yang cari jawabannya lewat artikel ini. Iya kan?

Tapi kamu datang di tempat yang tepat! artikel ini akan menjawab rasa penasaranmu apa itu website dan apa itu blog sesuai spesifikasinya.

Website adalah sebuah laman online yang terhubung dalam satu domain. Biasanya dikelola oleh individu, perusahaan, institusi, organisasi, atau pemerintahan. (sumber: Merriam Webster).

Maka sebagian besar website sifatnya lebih komersil.

Blog adalah kependekan dari web blog atau website blog yang berisi konten seperti opini, pengalaman, atau aktivitas penulis. (sumber: Hubspot).

Lain halnya dengan website, blog sifatnya lebih personal.

Selain itu, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui lebih dalam tentang website dan blog. Untuk mempermudah membedakannya, artikel ini membedakan berdasarkan tujuh karakteristik, beberapa diantaranya: 

1. Konten

konten-blog-dan-website

Dalam hal konten, blog berisi seputar artikel, infografis, tutorial, opini atau video tentang tema yang diminati pemilik blog.

Misalnya beauty blogger, blog didalamnya berisi seputar informasi tentang kecantikan seperti tutorial make up, review produk yang mereka sukai atau dapatkan, hobi atau kerajinan tangan, tips dan trik, dan lain sebagainya.

Maka konten blog terbilang bebas, karena blog adalah milik perorangan sehingga konten-konten dalam blog lebih personal. 

Berbeda halnya dengan website yang kontennya berisi tentang informasi mengenai produk atau layanan publik yang ditawarkan kepada publik, biasanya tujuan konten dari website adalah komersil. 

2. Update

pwerbedaan-blog-dan-website

Bisa dikatakan blog lebih sering update ketimbang website. Mengapa? karena blog sifatnya lebih personal maka penulis bebas menulis kapan saja jika ada ide, biasanya konten-konten blog lebih update secara berkala sesuai penulisnya. 

Berbeda halnya dengan website yang sifatnya komersial, karena bertujuan untuk memberikan informasi layanan publik atau tentang produk tertentu maka website bukan mengutamakan intensitas konten tapi hasil dari konten, berupa tindakan dari pengunjung yaitu transaksi, pengisian data, atau sekedar klik untuk menuju ke halaman lain. 

3. Arah Komunikasi

comment-pada-blog-dan-website

Model komunikasi dalam blog dengan pembacanya  lebih interaktif karena blog menyediakan fitur kolom komentar pada setiap konten, namun fitur tersebut juga bisa di non-aktifkan sesuai kebutuhan penulis.

Sedangkan komunikasi di dalam website bersifat satu arah yaitu dari pemilik ke pengunjung website, kecuali pengunjung secara pribadi menghubungi pihak website tersebut melalui kontak yang tertera dalam website.

4. Subscribe

Blog menyediakan fitur berlangganan atau subscribe, sehingga bagi pembaca yang subscribe blog tersebut akan mendapatkan notif ketika ada konten terbaru. Sedangkan website tidak ada fitur subscribe untuk mendapatkan notif. 

5. Gaya Bahasa

Karena blog sifatnya lebih personal, maka gaya bahasa blog bebas sesuai gaya penulis, umumnya blog lebih personal dan informal. Sedangkan gaya bahasa website sifatnya lebih profesional dan formal. 

6. Pengelola

Akun blog biasanya dikelola oleh satu penulis, namun ada juga blog komunitas yang dipegang oleh beberapa penulis. Sedangkan website dikelola oleh tim ahli seperti IT atau perusahaan tertentu.

7. Pembagian Konten

Blog dibagi menjadi beberapa kategori dan tag, sesuai kreasi penulis dalam mengatur kategori.

Berbeda halnya dengan konten website, karena tujuannya komersial maka konten biasanya dibagi berdasarkan produk atau layanan yang ditawarkan.

Sudah dapat sedikit pencerahan tentang perbedaan website dan blog?

Gampangnya, blog merupakan salah satu jenis dari website.

Blog bisa masuk dalam kategori website, namun semua website tidak masuk dalam kategori blog.

Semoga artikel ini bisa menjawab rasa penasaran kamu. Mau tau lebih detail informasi seputar website?

Ikuti artikel  selanjutnya ya. Terimakasih sudah membaca artikel ini! 😊

Leave a Comment